Kisah Ahli Kimia Keturunan Yahudi Berhasil Selamat Dari Nazi

Salah satu warga dari yahudi Italia yang berhasil selamat dari Nazi, Primo Levi, seorang ahli kimia yang menuturkan kisah nyata holocaust di dalam memoar-memoarnya. Berikut ini ada beberapa kutipan semangat sang penulis autobiografi Primo Levi dalam buku Periodic Table.

Kutipan tersebut secara garis besar menjelaskan bahwa penyulingan merupakan pekerjaan indah yang mana memiliki arti filosofis, lambat, sunyi dan membuat sibuk.Namun dari hal tersebut bisa pula memikirkan hal-hal yang lain. Analoginya seperti saat mengendarai sepeda. Kemudian ada proses metamorfosis dari cairan menjadi uap yang tidak terlihat yang kembali lagi dalam bentuk cairan. Hal ini seperti perjalanan ganda, mencapai kemurnian, dan hal yang memesona.

Perjalanan Kisah Dari Ahli Kimia

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa primo Levi seoarang ahli kimia togel hongkong yang tercermin dari setiap prosannya yang menunjukkan ketelitian dan kecermatan.Ia merupakan seorang yahudi Italia yang dikirimkan ke Austchwitz di usia 24 tahun. Levi menghindari kesombongan pada setiap bukunya untuk kejelasan. Hal lain juga menggambarkan kisahnya dari Turin di Italia menuju Austchwith Polandia, berikutnya kembali lagi ke Turin menempati apartemen yang sama pada saat ia dilahirkan.

Tahun ini tepat 1 abad dari kelahiran Levi.Waktu yang tepat untuk meninjau kembali 3 memoar yang telah dituliskannya yaitu Buku ‘This Is Man’ yang menunjukkan kisahnya kembali ke rumah setelah perang dan menceritakan keberadaannya di Auschwitchz.

Buku keduanya “The Truce” yang ditulis dalam satu dekade menggambarkan pengalamannya saat meninggalkan Auschwitchz dan kembali ke Turin.Selanjutnya buku ketiga setelah 3 dekade, sebelum dia meninggal, Levi menulis, ‘The Drowned and The Saved’ yang berisi mengenai polemik dan pengumpulan mitos-mitos seputar Holocaust selama hidupnya.

Seperti yang dituliskan Levi, ‘saya beruntung baru dideportasi ke Auschwitchz pada tahun 1944.’Pada akhir perang, Nazi memutuskan mempertahankan buruh berharga dan tidak mengeksekusi mereka kembali.Hal ini tentu menjadi peluang untuk tetap bertahan hidup.Ia juga menuturkan dari 650 orang yang berangkat bersamanya menggunakan kereta hanya 20 orang yang selamat.

Levi membutuhkan beberapa waktu untuk mengetahui apa itu kamp. Kamp bagi orang yahudi bukanlah kamp pemusnahan ataupun kerja paksa.Kamp tersebut dirancang untuk menghancurkan manusia.Pada saat kedatangannya mereka dibagi menjadi dua kelompok.Kelompok yang berguna maupun tidak.Meskipun Levi bukan yang terlalu tangguh, namun ia masuk dalam kategori pertama.

Levi tidak menjelaskan unsur filosofis maupun historisnya terkait akar nazime dan asal usul dari kekejaman tersebut.beralih dari hal tersebut, Levi membuat tulisan layaknya laporan laboratorium yang mana sangat rinci dan ada pula beberapa komedi kering. Beberapa kisahnya menuturkan saat itu dingin yang membuatnya lapar.Hal tersebut menyengsarakan bagi para tahanan. Mereka tetap melakukan apa yang diperintahkan dan memakan apa yang diberikan. Bagi yang bisa bertahan lebih dari 3 bulan maka tergolong orang yang luar biasa.

Memoar Pengalaman Ahli Kimia Dari Nazi

Pada musim dingin kedua kira-kira 11 bulan selama di Auschwitchz, mereka dibebaskan oleh para tentara Rusia.Seperti memoar keduanya “The Truce” yang menggambarkan perjalanan kembalinya ke Turin.Namun Levi, tidak lantas pulang ke Turin, tetapi ia berjalan ke arah timur terlebih dahulu.

Ia pergi ke arah Uni Soviet, menuju utara sampai hampir ke Minsk, selanjutnya berputar dan pergi ke arah selatan menuju Rumania. Selanjutnya ia menuju ke Barat: dari Hongaria, Cekoslowakia, Austria, Jerman, dan berakhir ke Italia. Hal ini merupakan perjalanan monumental. Setelah kembalinya ke Turin ia menghabiskan waktu di pabrik cat dan menggunakan hari Minggu-nya untuk menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *